KLIK DISINI
INFO PENDAFTARAN - SAHID VOCATIONAL HIGH SCHOOL JAKARTA

INFO PENDAFTARAN

STANDARD OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

SMK SAHID JAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  1. LANGKAH-LANGKAH PENDAFTARAN
  2. Pendaftaran secara langsung (offline):
  3. Calon peserta didik baru mengisi buku tamu.
  4. Calon peserta didik baru membayar biaya formulir pendaftaran sebesar   Rp. 150.000,- kepada panitia PPDB dan menerima:
    1. Map dan Formulir PPDB
    1. Kwitansi pembayaran.
    1. Rincian biaya awal masuk SMK Sahid Jakarta.
  5. Calon peserta didik baru mengisi formulir dan mengumpulkan berkas administrasi pendaftaran (ke dalam map PPDB):
    1. Pas foto 4×6 4 lembar
    1. Pas foto 3×4 4 lembar
    1. Fotocopy Ijazah SMP/MTs (boleh menyusul)
    1. Fotocopy Akte Kelahiran
    1. Fotocopy Kartu Keluarga
    1. Fotocopy NISN
  6. Calon peserta didik wajib memiliki akun instagram untuk mengikuti (follow) akun instagram SMK Sahid Jakarta (@smksahidjakarta) dan akun instagram PPDB SMK Sahid Jakarta (@ppdbsmksahidjakarta) untuk memperoleh informasi terkini mengenai kegiatan di SMK Sahid Jakarta.
  7. Calon peserta didik baru wajib mengikuti rangkaian test yang diadakan oleh panitia PPDB SMK Sahid Jakarta;
    1. Test Potensi Akademik yang bermuatan; 30 butir soal mata pelajaran    B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, PKN dan Kepariwisataan Dasar (bagi calon peserta didik Bidang Keahlian Pariwisata) atau Teknologi Informatika Dasar (calon peserta didik Kompetensi Keahlian Multimedia)
    1. Test wawancara
    1. Test buta warna
  8. Calon peserta didik baru menerima hasil test dari panitia PPDB.
  9. Jika hasil test dinyatakan lulus maka, calon peserta didik baru berhak melanjutkan ke tahap pendaftaran berikutnya yaitu menyelesaikan biaya awal tahun dan menerima bukti pembayaran yang syah dari panitia PPDB SMK Sahid Jakarta.
  10. Calon peserta didik baru melakukan pengukuran dan menerima paket seragam harian dan seragam Kompetensi Keahlian pilihan masing-masing.
  11. Calon peserta didik baru mengikuti rangkaian kegiatan pr aMPLS dan MPLS yang di adakan oleh SMK Sahid Jakarta dalam rangka melengkapi pengetahuan tentang Tata Tertib, program pembelajaran dan budaya yang berlaku di SMK Sahid Jakarta sampai dengan pengukuhan Peserta didik baru secara resmi oleh Kepala SMK Sahid Jakarta.
  12. Pendaftaran melalui media dalam jaringan/daring/online:
  13. Calon peserta didik baru menghubungi nomor hotline SMK Sahid Jakarta untuk mendapatkan penjelasan mengenai Kompetensi Keahlian pilihan di SMK Sahid Jakarta.
  14. Calon peserta didik baru melakukan pembayaran formulir PPDB sebesar Rp. 150.000,- dengan cara transfer ke rekening bank BNI A.n. Yayasan Sahid Jaya dengan No. Rek. 2307590043
  15. Calon peserta didik baru mengirim bukti pembayaran baik berupa tangkapan layar (screenshoot) bila melalui Mbanking maupun foto bukti transaksi (struk) bila pembayaran dilakukan melalui ATM kepada panita PPDB SMK Sahid Jakarta ke nomor hotline SMK Sahid Jakarta untuk proses konfirmasi.
  16. Calon peserta didik baru mendapatkan password untuk masuk ke halaman pengisian formulir secara online melalui website SMK Sahid Jakarta https://smksahidjakarta.sch.id dengan cara menekan tombol jingga bertuliskan “FORMULIR PPDB ON LINE TP 2021/2022 KLIK DISINI”. Kemudian lakukan langkah berikut:
    1. Mengisi data Identitas peserta didik
    1. Mengisi data Ayah kandung peserta didik
    1. Mengisi data Ibu kandung peserta didik
    1. Mengisi data Wali peserta didik
    1. Melampirkan berkas administrasi dengan cara mengupload file foto berwarna mengenakan seragam sekolah asal dalam format jpg/jpeg serta hasil scan dokumen asli Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran. Hasil foto/scan harus jelas, terbaca dengan pencahayaan yang cukup serta terlihat keseluruhan dokumen.
    1. Melakukan tanda tangan elektronik/online pada kotak yang tersedia.
    1. Menekan tombol konfirmasi validasi untuk pengisian dan pengiriman data yang sudah dilakukan.
    1. Menekan tombol CETAK FORMULIR terlebih dahulu atau di simpan dalam bentuk file PDF (hasil cetak formulir digunakan sebagai tanda bukti untuk daftar ulang  jika di nyatakan lolos seleksi tes wawancara dan tes tertulis online).
    1. Menekan tombol KIRIM FORMULIR untuk mengakhiri proses pengisian formulir online.
  17. Calon peserta didik wajib memiliki akun instagram dan mengikuti (follow) akun instagram SMK Sahid Jakarta (@smksahidjakarta) dan akun instagram PPDB SMK Sahid Jakarta (@ppdbsmksahidjakarta) untuk memperoleh informasi terkini mengenai kegiatan di SMK Sahid Jakarta.
  18. Calon peserta didik baru mengikuti rangkaian test PPDB secara online melalui link google form yang diberikan oleh panitia PPDB SMK Sahid Jakarta melalui nomor hotline. Adapun yang termasuk dalam rangkaian test PPDB online sebagai berikut;
    1. Test Potensi Akademik yang bermuatan; 30 butir soal pilihan ganda mata pelajaran B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, PKN dan Kepariwisataan Dasar (bagi calon peserta didik Bidang Keahlian Pariwisata) atau Teknologi Informatika dasar (bagi calon peserta didik Kompetensi Keahlian Multimedia).
    1. Test wawancara dengan panitia PPDB melalui panggilan video (video call) media WhatsApp (calon peserta didik baru wajib mengenakan seragam sekolah asal) pada jadwal yang telah ditentukan oleh panitia PPDB.
  19. Calon peserta didik baru menerima hasil test dari panitia PPDB melalui nomor hotline SMK Sahid Jakarta.
  20. Jika hasil test dinyatakan lulus maka, calon peserta didik baru berhak melanjutkan ke tahap pendaftaran berikutnya yaitu:
  21. Menyelesaikan biaya awal tahun dengan cara transfer ke rekening bank BNI A.n. Yayasan Sahid Jaya dengan No. Rek. 2307590043
  22. Melakukan konfirmasi dengan mengirim bukti pembayaran baik berupa tangkapan layar (screenshoot) bila melalui Mbanking maupun foto bukti transaksi (struk) bila pembayaran dilakukan melalui ATM kepada panitia PPDB ke nomor hotline SMK Sahid Jakarta untuk ditukar dengan bukti pembayaran yang syah dari panitia PPDB SMK Sahid Jakarta.
  23. Calon peserta didik baru melakukan pengukuran seragam secara online menggunakan panggilan video media WhatsApp
  24. Calon peserta didik baru menerima paket seragam harian dan seragam Kompetensi Keahlian masing-masing dari panitia PPDB SMK Sahid Jakarta ke alamat yang telah ditentukan pada saat pengukuran seragam secara online.
  25. Calon peserta didik baru mengikuti rangkaian kegiatan praMPLS dan MPLS yang di adakan oleh SMK Sahid Jakarta secara online menggunakan media instagram, goole meet maupun zoom dalam rangka melengkapi pengetahuan tentang tata tertib, program pembelajaran dan budaya yang berlaku di SMK Sahid Jakarta sampai dengan pengukuhan Peserta didik baru secara resmi oleh Kepala SMK Sahid Jakarta.
  • Tempat dan waktu pendaftaran

Tempat Pendaftaran

  1. Tempat pendaftaran online dilaksanakan melalui Link yang sudah tersedia dan bagi yang mengalami kesulitan bisa minta bantuan admin PPDB SMK Sahid Jakarta pada nomor hotline yang tertera:
  2. Tempat pendaftaran yang dilakukan secara offline dapat mengunjungi SMK Sahid Jakarta di alamat Jl. H. Baping Kav. 42-43 Susukan – Ciracas, Jakarta Timur, 13750.

WAKTU PENDAFTARAN

  1. Gelombang I             ( 1 Oktober s.d. 31 Desember 2020)
  2. Gelombang II            ( 1 Januari s.d. 31 Maret 2021)
  3. Gelombang III           ( 1 April s.d. 31 Juli 2021)
  4. Keterangan lain-lain
  5. Panitia PPDB siap melayani pendaftaran pada pukul 8 sampai dengan 15
  6. Biaya awal masuk SMK Sahid Jakarta pada Gelombang I adalah sebesar Rp. 3.500.000,-, Gelombang II sebesar Rp. 4.000.000,- dan Gelombang III adalah sebesar Rp. 5.000.000,-
  7. Calon peserta didik yang telah membayar biaya awal telah dinyatakan resmi menjadi peserta didik SMK Sahid Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022.
  8. Peserta didik yang membatalkan pendaftaran secara sepihak setelah melakukan pembayaran, tidak dapat menarik kembali biaya yang sudah diberikan kepada SMK Sahid Jakarta dengan alasan apapun.
  9. Peserta didik yang diterima di SMK/SMA/MA Negeri dapat melakukan pelaporan kepada panitia PPDB dengan menyertakan dokumen lapor diri sebagai bukti diterimanya peserta didik di sekolah Negeri dengan tenggat waktu yang telah diberikan yaitu maksimal 1 minggu setelah pengumuman dari sekolah Negeri untuk memperoleh pengembalian sebesar 75% dari biaya masuk yang sudah diberikan.
  10. Pembatalan penerimaan peserta didik yang telah melunasi biaya masuk dapat dilakukan oleh SMK Sahid Jakarta jika peserta didik terlibat kasus kriminal dan pelanggaran hukum Negara yang berlaku dan tanpa pengembalian biaya apapun.
X